|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN SATU

PENGAKUAN IMAN

  

SEKSI SATU

”Aku Percaya” – ”Kami Percaya”

  

BAB TIGA

 JAWABAN MANUSIA KEPADA ALLAH

 

KAMI PERCAYA

 

 

30. Mengapa iman itu tindakan pribadi dan sekaligus gerejawi?

 

Iman adalah tindakan pribadi sejauh menjadi jawaban bebas pribadi manusiawi kepada Allah yang mewahyukan Diri-Nya. Tetapi, sekaligus merupakan tindakan gerejawi yang mengungkapkan dirinya dalam pengakuan ”Kami percaya”. Kenyataannya, Gerejalah yang percaya, dan dengan rahmat Roh Kudus, Gereja mendahului, memunculkan, dan memperkembangkan iman setiap orang Kristen. Karena alasan inilah Gereja adalah Bunda dan Guru.

166-169; 181

 

 

”Tak seorang pun dapat mempunyai Allah sebagai Bapa

jika tidak mempunyai Gereja sebagai Bunda”

(Santo Siprianus)

 

 

31. Mengapa rumusan iman itu penting?

 

Rumusan iman itu penting karena dengannya orang beriman dapat mengungkapkan, menghayati, merayakan, dan saling berbagi kebenaran-kebenaran iman bersama dengan orang beriman lainnya melalui satu bahasa yang sama.

170-171

 

 

32. Mengapa iman Gereja itu hanya satu?

 

Gereja, walaupun terdiri dari banyak orang dari macam-macam bahasa, budaya, dan ritus, mengakui satu iman dalam kesatuan suara; iman yang diterima dari satu Allah dan diwariskan oleh satu Tradisi Apostolik. Gereja hanya mengakui satu Allah, Bapa, Putra, dan Roh Kudus, dan menunjuk pada satu jalan keselamatan. Karena itu, kita percaya dengan satu hati dan satu jiwa semua yang terdapat dalam Sabda Allah, diwariskan langsung atau ditulis, dan diakui oleh Gereja sebagai wahyu ilahi.

172-175; 182 

 

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home