|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN SATU

PENGAKUAN IMAN

  

SEKSI DUA

PENGAKUAN IMAN KRISTEN

  

BAB DUA

 AKU PERCAYA AKAN YESUS KRISTUS,

PUTRA ALLAH YANG TUNGGAL

 

 

”YESUS KRISTUS NAIK KE SURGA DAN DUDUK

DI SEBELAH KANAN ALLAH BAPA YANG MAHAKUASA”

 

 

132. Apa artinya naik ke surga?

 

Sesudah empat puluh hari, Yesus menampakkan Diri kepada para Rasul dalam kondisi manusia biasa, yang menutup kemuliaan-Nya sebagai Yang Sudah Bangkit, Kristus naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Bapa. Dialah Tuhan yang dalam kemanusiaan-Nya memerintah dalam kemuliaan Putra Allah tanpa akhir dan tak berubah menjadi pengantara kita di hadapan Bapa. Dia mengutus Roh Kudus-Nya kepada kita dan memberi kita harapan bahwa pada suatu hari kita akan mencapai tempat yang sudah disiapkan bagi kita.

659-667

 

 

”DARI SITU IA AKAN DATANG

UNTUK MENGADILI

ORANG YANG HIDUP DAN YANG MATI”

 

 

133. Bagaimana sekarang Tuhan Yesus memerintah?

 

Sebagai Tuhan kosmos dan sejarah, Kepala Gereja, Kristus yang sudah dimuliakan tinggal secara misteri di atas bumi tempat benih dan permulaan kerajaan-Nya hadir dalam Gereja. Suatu hari, Dia akan datang kembali dalam kemuliaan, tetapi kita tidak tahu saatnya. Karena itu, kita perlu berjaga-jaga untuk mengantisipasinya dengan berdoa ”Datanglah, Tuhan Yesus!” (Why 22:20).

668-674; 680

 

 

134. Bagaimana kedatangan Allah dalam kemuliaan-Nya itu terjadi?

 

Sesudah pergolakan dunia berlalu, kedatangan Kristus dalam kemuliaan-Nya akan terjadi. Kemudian, akan datang kemenangan Allah yang definitif pada akhir zaman dan menyusul Pengadilan Terakhir. Dengan cara demikianlah Kerajaan Allah akan terjadi.

675-677; 680

 

 

135. Bagaimana Kristus mengadili orang yang hidup dan yang mati?

 

Kristus akan mengadili dengan kekuasaan yang Dia dapatkan sebagai penebus dunia yang datang membawa keselamatan untuk semua. Segala rahasia hati akan terungkap, dan semua tindakan terhadap Allah dan sesama akan menjadi nyata. Setiap orang, sesuai dengan bagaimana peri kehidupannya, akan menerima ganjaran atau hukuman abadi. Dengan cara ini, ”kepenuhan Kristus” (Ef 4:13) akan terlaksana saat ”Allah menjadi semua di dalam semua” (1Kor 15:28).

678-679; 681-682

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home