|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN SATU

PENGAKUAN IMAN

  

SEKSI DUA

PENGAKUAN IMAN KRISTEN

  

BAB TIGA

AKU PERCAYA AKAN ROH KUDUS

 

”AKU PERCAYA AKAN ROH KUDUS”

 

 

136. Apa yang dipercaya Gereja ketika mengaku: ”Aku percaya akan Roh Kudus”?

 

Percaya akan Roh Kudus berarti mengakui iman akan Pribadi ketiga Tritunggal, yang berasal dari Bapa dan Putra, dan ”disembah dan dimuliakan bersama dengan Bapa dan Putra”. Roh diutus ”ke dalam hati kita” (Gal 4:6) sehingga kita menerima hidup baru sebagai anak-anak Allah.

683-686

 

 

137. Mengapa misi Sang Putra dan Roh Kudus itu tak terpisahkan?

 

Di dalam Tritunggal yang tak terpisahkan, Putra dan Roh Kudus itu berbeda, tetapi tidak terpisahkan. Sejak awal mula sampai berakhirnya waktu, jika Bapa mengutus Putra, Bapa juga mengutus Roh-Nya yang mempersatukan kita dengan Kristus di dalam iman sehingga sebagai anak-anak angkat kita dapat menyebut Allah sebagai ”Bapa” (Rom 8:15). Roh itu tidak kelihatan, tetapi kita dapat mengetahui-Nya melalui karya-karya-Nya, yaitu ketika Roh mewahyukan Sabda kepada kita dan ketika Roh berkarya di dalam Gereja.

687-690; 742-743

 

 

138. Apakah nama-nama lain dari Roh Kudus?

 

”Roh Kudus” adalah nama khusus dari Pribadi ketiga Tritunggal. Yesus juga menyebut-Nya Sang Penghibur (atau Pembela) dan Roh Kebenaran. Perjanjian Baru juga menyebut-Nya Roh Kristus, Roh Tuhan, Roh Allah, Roh Kemuliaan, dan Roh Perjanjian.

691-693

 

 

139. Simbol apa yang digunakan untuk menunjuk pada Roh Kudus?

 

Ada banyak simbol Roh Kudus: air hidup yang memancar dari Hati Yesus yang terluka dan memuaskan dahaga orang-orang yang dibaptis, pengurapan dengan minyak suci, yang merupakan simbol Sakramental Penguatan, api yang mengubah apa saja yang disentuhnya, awan, gelap ataupun terang, yang merupakan simbol pewahyuan kemuliaan ilahi, penumpangan tangan sebagai simbol pencurahan Roh Kudus, burung merpati yang turun ke atas Kristus yang dibaptis dan tinggal bersama-Nya.

694-701

 

 

140. Apa artinya Roh Kudus ”berbicara melalui para nabi”?

 

Istilah ”nabi” berarti orang yang diinspirasikan oleh Roh Kudus untuk berbicara atas Nama Allah. Roh membawa pewartaan Perjanjian Lama menuju kepada kepenuhannya di dalam Kristus. Misteri Kristus ini diwahyukan dalam Perjanjian Baru.

687-688; 702-706;  743

 

 

141. Apa yang digenapi Roh Kudus dalam diri Yohanes Pembaptis?

 

Roh memenuhi Yohanes Pembaptis, nabi terakhir Perjanjian Lama. Di bawah inspirasi Roh Kudus, Yohanes diutus untuk ”menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya” (Luk 1:17). Dia mewartakan kedatangan Kristus, Putra-Nya, dan dia melihat Roh turun dan tinggal bersama-Nya, Dia yang ”membaptis dengan Roh Kudus” (Yoh 1:33).

717-720

 

 

142. Apakah karya Roh Kudus dalam diri Maria?

 

Dalam diri Maria, Roh Kudus membawa kepenuhan semua penantian dan persiapan Perjanjian Lama untuk kedatangan Kristus. Dengan cara yang khusus, Roh Kudus memenuhi Maria dengan rahmat dan membuat keperawanannya menjadi subur sehingga Maria dapat melahirkan Putra Allah yang menjadi daging. Roh Kudus membuat Maria menjadi Bunda ”Kristus sepenuhnya”, yaitu Bunda Yesus sebagai Kepala dan Bunda Gereja sebagai Tubuh-Nya. Maria hadir bersama kedua belas Rasul pada hari Pentekosta ketika Roh Kudus memulai ”zaman akhir” dengan perwujudan Gereja.

721-726 ;  744

 

 

143. Apa hubungan antara Roh Kudus dan Yesus Kristus dalam misi-Nya di dunia?

 

Sejak Penjelmaan, Putra Manusia disucikan dalam kemanusiaan-Nya sebagai Mesias dengan pengurapan Roh Kudus. Dia mewahyukan Roh Kudus dalam pengajaran-Nya, melaksanakan janji-janji-Nya kepada para bapa bangsa, dan mengomunikasikan kepada Gereja yang sedang lahir ketika Dia menghembusi para Rasul sesudah kebangkitan.

727-730; 745-746

 

 

144. Apa yang terjadi pada hari Pentekosta?

 

Lima puluh hari sesudah kebangkitan, pada Hari Raya Pentekosta, Yesus Kristus yang sudah dimuliakan mencurahkan Roh Kudus secara berkelimpahan dan mewahyukan Roh Kudus sebagai Pribadi Ilahi sehingga Tritunggal dimanifestasikan secara penuh. Misi Kristus dan Roh Kudus menjadi misi Gereja yang diutus untuk mewartakan misteri persatuan Tritunggal.

731-732; 738

 

 

”Kita sudah melihat Cahaya sejati,

kita sudah menerima Roh surgawi,

kita sudah menemukan iman yang benar,

kita menyembah Tritunggal yang tak terpisahkan,

yang telah menyelamatkan kita.”

(Liturgi Byzantin, Tropario Vesper Pentekosta)

 

 

145. Apa yang dilakukan Roh Kudus dalam Gereja?

 

Roh Kudus membangun, menjiwai, dan menyucikan Gereja. Sebagai Roh Cinta Kasih, Roh Kudus memulihkan keserupaan ilahi yang hilang karena dosa bagi orang-orang yang dibaptis dan membuat mereka hidup di dalam Kristus, yaitu hidup yang sama dalam Tritunggal. Roh Kudus mengutus mereka untuk memberikan kesaksian akan Kebenaran Kristus dan membimbing mereka dalam tugas masing-masing sehingga semuanya

mendapatkan ”buah Roh” (Gal 5:22).

733-741; 747

 

 

146. Bagaimana Kristus dan Roh Kudus berkarya dalam hati umat beriman?

 

Kristus mengomunikasikan Roh-Nya dan rahmat Allah melalui Sakramen-Sakramen kepada semua anggota Gereja, yang memperoleh anugerah buah-buah kehidupan baru dalam Roh. Roh Kudus juga merupakan Guru doa.

738-741

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home