|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN SATU

PENGAKUAN IMAN

  

SEKSI DUA

PENGAKUAN IMAN KRISTEN

  

BAB TIGA

AKU PERCAYA AKAN ROH KUDUS

 

”AKU PERCAYA AKAN KEHIDUPAN KEKAL”

 

207. Apa itu kehidupan kekal?

 

Kehidupan kekal adalah kehidupan yang mulai langsung setelah kematian. Kehidupan ini tidak mempunyai akhir, akan didahului dengan pengadilan khusus bagi setiap orang oleh Kristus yang mengadili orang yang hidup dan yang mati. Pengadilan khusus ini akan dipastikan pada pengadilan akhir.

1020; 1051

 

 

208. Apa itu pengadilan khusus?

 

Pengadilan khusus adalah pengadilan yang berakibat langsung, terjadi setelah kematian. Melalui jiwanya yang abadi, setiap orang akan menerima pembalasan sesuai dengan iman dan perbuatannya. Pembalasan ini bisa berarti masuk ke dalam kebahagiaan surga, secara langsung atau setelah proses pemurnian, atau masuk ke dalam kutukan abadi neraka.

1021-1022 ; 1051

 

 

209. Apa arti istilah ”surga”?

 

”Surga” berarti suatu keadaan bahagia yang tertinggi dan definitif. Mereka yang mati dalam keadaan rahmat Allah dan tidak membutuhkan pemurnian lebih jauh berkumpul bersama Yesus dan Maria, para malaikat, dan para kudus. Mereka merupakan Gereja surga, tempat mereka melihat Allah ”muka dengan muka” (1Kor 13:12). Mereka hidup dalam kesatuan cinta dengan Tritunggal dan menjadi pengantara kita.

1023-1026 ; 1053

 

”Kehidupan yang benar dan sejati ialah:

Bapa, melalui Putra, dan dalam Roh Kudus,

mencurahkan anugerah-anugerah surgawi-Nya

kepada segala sesuatu tanpa kecuali.

Melalui kerahiman-Nya, kita manusia juga menerima

janji hidup ilahi yang tak dapat diragukan lagi”

(Santo Cyrillus dari Yerusalem)

 

210. Apa itu api penyucian?

 

Api penyucian ialah keadaan mereka yang mati dalam persahabatan dengan 1030-1031

 

1054

 

Allah, ada kepastian akan keselamatan kekal mereka, tetapi masih membutuhkan

pemurnian untuk masuk ke dalam kebahagiaan surga.

 

 

211. Bagaimana kita bisa membantu jiwa-jiwa yang sedang dimurnikan di api penyucian?

 

Karena ada persekutuan para kudus, kaum beriman yang masih berjuang di dunia ini dapat membantu jiwa-jiwa di api penyucian dengan mempersembahkan doa-doa untuk mereka, khususnya kurban Ekaristi. Mereka juga dapat membantu mereka dengan beramal, indulgensi, laku tapa, dan tobat.

1032

 

 

212. Apa itu neraka?

 

Neraka merupakan kutukan kekal bagi mereka yang mati dalam keadaan dosa berat karena pilihan bebas mereka sendiri. Penderitaan neraka yang utama adalah keterpisahan kekal dari Allah yang merupakan satu-satunya sumber kehidupan dan kebahagiaan yang merupakan tujuan kita diciptakan dan yang merupakan kerinduan kita. Kristus menjelaskan realitas ini dengan kata-kata: ”Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal” (Mat 25:41).

1033-1035 ; 1056-1057

 

 

 

213. Bagaimana adanya neraka ini diperdamaikan dengan kebaikan Allah yang tak terbatas?

 

Allah menghendaki ”supaya semua orang berbalik dan bertobat”(2Pet 3:9), namun Ia menciptakan manusia dalam keadaan bebas, dan manusia sendiri mempunyai tanggung jawab; Allah menghargai keputusan-keputusan kita. Karena itu, manusialah yang dengan bebas memisahkan dirinya dari kesatuan dengan Allah jika pada saat kematian dia tetap berpegang teguh pada pendiriannya dalam dosa berat dan menolak cinta dan kerahiman Allah.

1036-1037

 

 

214. Apa itu pengadilan akhir?

 

Pengadilan akhir merupakan keputusan untuk masuk ke dalam kebahagiaan atau hukuman abadi yang dijatuhkan oleh Yesus terhadap ”orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar” (Kis 24:15) pada saat Dia kembali sebagai Hakim yang mengadili orang yang hidup dan yang mati. Sesudah pengadilan terakhir badan yang dibangkitkan akan mengambil bagian dalam ganjaran yang diterima oleh jiwa pada pengadilan khusus.

1038-1041 ; 1058-1059

 

 

 

215. Bilamana pengadilan ini terjadi?

 

Pengadilan ini akan terjadi pada hari kiamat, dan hanya Allah yang mengetahui hari dan waktunya.

1040

 

 

216. Apa itu ”harapan akan langit dan bumi yang baru”?

 

Setelah pengadilan terakhir, seluruh dunia akan dibebaskan dari belenggu kehancuran. Dengan terbitnya ”langit yang baru” dan ”bumi yang baru” (2Ptr 3:13), dunia mengambil bagian dalam kemuliaan Kristus. Kepenuhan Kerajaan Allah akan terjadi, yang berarti rencana keselamatan Allah ”untuk mempersatukan segala sesuatu dalam Kristus sebagai Kepala, baik yang di surga maupun yang di bumi” (Ef 1:10) akan diwujudkan secara definitif. Maka dalam kehidupan abadi itu, Allah akan menjadi ”semua di dalam semua” (1Kor 15:28).

1042-1050 ; 1060

 

 

”AMIN”

 

217. Apa arti ”Amin” sebagai akhir dari pengakuan iman?

 

Kata Ibrani ”Amin”, yang juga menjadi kata penutup Kitab Suci, beberapa doa dalam Perjanjian Baru, dan doa-doa liturgi Gereja, mengungkapkan ”Ya” kita yang total dan penuh kepercayaan terhadap apa yang kita akui dalam Syahadat, mempercayakan diri kita sepenuhnya kepada-Nya, yaitu ”Amin” yang definitif (Why 3:14): Kristus, Tuhan.

1061-1065

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home