|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN TIGA

HIDUP DALAM KRISTUS

 

SEKSI SATU

 PANGGILAN MANUSIA: HIDUP DALAM ROH

 

 BAB SATU

 MARTABAT PRIBADI MANUSIA

 

 

KEUTAMAAN

 

377. Apa itu keutamaan?

 

Suatu keutamaan adalah disposisi yang tegas dan menjadi kebiasaan untuk melakukan kebaikan. ”Tujuan kehidupan yang utama ialah untuk menjadi serupa dengan Allah” (Santo Gregorius dari Nyssa). Ada keutamaan manusiawi dan ada pula keutamaan teologal.

1803-1833

 

 

378. Apakah keutamaan manusiawi itu?

 

Keutamaan manusiawi adalah kesempurnaan intelek dan kehendak, yang stabil dan menjadi kebiasaan, yang mengendalikan tindakan, mengatur nafsu, dan menuntun perbuatan kita menurut akal budi dan iman. Keutamaan ini diperoleh dan diperkuat lewat kebiasaan melakukan tindakan yang baik secara moral, dimurnikan, dan diangkat oleh rahmat ilahi.

1804; 1810-1811; 1834, 1839

 

 

379. Apa saja keutamaan-keutamaan manusiawi yang penting?

 

Keutamaan-keutamaan manusiawi yang penting disebut keutamaan pokok, semua yang lain dikelompokkan di bawahnya dan merupakan sendi kehidupan utama. Keutamaan-keutamaan pokok itu adalah kebijaksanaan, keadilan, keberanian, dan penguasaan diri.

1805; 1834  

 

 

380. Apa itu kebijaksanaan?

 

Kebijaksanaan menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan kebaikan kita yang sejati dalam setiap situasi dan memilih sarana yang tepat untuk mencapainya. Kebijaksanaan menuntun keutamaan yang lainnya dengan menunjukkan ukuran dan kualitasnya.

1806; 1835

 

 

381. Apa itu keadilan?

 

Keadilan tampak dalam kehendak yang teguh dan terus-menerus untuk memberikan kepada orang lain yang menjadi haknya. Keadilan terhadap Allah disebut ”keutamaan religius”.

1807; 1836

 

 

382. Apa itu keberanian?

 

Keberanian tampak dalam kekuatan di tengah-tengah kesulitan dan terus- menerus mengikuti kebaikan. Keberanian bahkan dapat sampai pada kemampuan untuk mengorbankan hidup demi alasan yang bisa dibenarkan.

1808; 1837

 

 

383. Apa itu penguasaan diri?

 

Penguasaan diri bisa membatasi kecenderungan daya tarik untuk kesenangan, 1809

mampu mengendalikan kehendak terhadap naluri, dan memberi keseimbangan 1838

dalam penggunaan barang-barang ciptaan.

 

 

384. Apa itu keutamaan teologal?

 

Objek langsung, alasan, dan asal mula keutamaan teologal ialah Allah. Dipenuhi dengan rahmat pengudusan, keutamaan teologal memberikan kepada seseorang kemampuan untuk hidup dalam hubungan dengan Tritunggal. Keutamaan-keutamaan teologal merupakan dasar dan kekuatan bagi tindakan moral seorang Kristen dan memberi hidup pada keutamaan manusiawi. Keutamaan teologal merupakan jaminan kehadiran dan karya Roh Kudus dalam kemampuankemampuan manusiawi.

1812-1813 ; 1840-1841

 

 

385. Apa saja itu keutamaan teologal?

 

Keutamaan teologal adalah iman, harapan, dan cinta kasih.

1813

 

 

386. Apa itu keutamaan iman?

 

Iman adalah keutamaan teologal yang olehnya kita percaya kepada Allah dan semua yang sudah diwahyukan kepada kita dan disampaikan oleh Gereja karena Allah adalah Kebenaran. Melalui iman, manusia dengan bebas menyerahkan dirinya kepada Allah. Karena itu, orang yang percaya berusaha mencari dan melaksanakan kehendak Allah karena ”iman bekerja melalui kasih” (Gal 5:6).

1814-1816 ; 1842

 

 

387. Apa itu harapan?

 

Harapan adalah keutamaan teologal, dengannya kita merindukan dan menantikan kehidupan abadi yang berasal dari Allah sebagai kebahagiaan kita, mempercayakan diri kita kepada janji Kristus, dan bersandar pada bantuan rahmat Roh Kudus agar pantas menerimanya dan tetap bertahan sampai akhir hidup kita.

1817-1821 ; 1843

 

 

388. Apa itu cinta kasih?

 

Cinta kasih adalah keutamaan teologal, dengannya kita mengasihi Allah di atas segala sesuatu dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri. Yesus menyebut cinta kasih sebagai perintah yang baru, pemenuhan hukum. ”Cinta kasih adalah pengikat kesempurnaan” (Kol 3:14) dan dasar dari keutamaan yang lainnya. Dari cinta kasih ini, semua keutamaan yang lain memperoleh hidup, inspirasi, dan keteraturan. Tanpa cinta kasih, ”sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing” dan ”aku sama sekali tidak berguna” (1Kor 13:1-3).

1822-1829 ; 1844

 

 

389. Apa itu karunia-karunia Roh Kudus?

 

Karunia-karunia Roh Kudus adalah disposisi tetap yang membuat kita mudah mengikuti ilham Roh Kudus. Karunia-karunia itu ada tujuh: hikmat, pengertian, nasihat, keperkasaan, pengenalan akan Allah, kesalehan, dan Roh takut akan Allah.

1830-1831 ; 1845

 

 

390. Apa itu buah-buah Roh Kudus?

 

Buah-buah Roh Kudus adalah kesempurnaan yang dibentuk dalam diri kita sebagai buah-buah pertama kemuliaan abadi. Tradisi Gereja membuat daftar dua belas: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, k ebaikan hati, kebajikan, kemurahan hati, kelemahlembutan, kesetiaan, kesederhanaan, penguasaan diri, dan kemurnian (Gal 5:22-23, Vulgata).

1832

 

 

DOSA

 

391. Apa yang dituntut dari kita untuk menerima kerahiman Allah?

 

Yang dituntut adalah agar kita mengakui kesalahan-kesalahan kita dan menyesal atas dosa-dosa kita. Allah dengan Sabda-Nya dan Roh-Nya telah menyingkap dosa-dosa kita dan memberikan kebenaran suara hati dan harapan akan pengampunan.

1846-1848; 1870

 

 

392. Apa itu dosa?

 

Dosa adalah ”perkataan, tindakan, atau keinginan yang bertentangan dengan Hukum Abadi” (Santo Agustinus). Dosa adalah penghinaan terhadap Allah dalam ketidaktaatan kepada cinta-Nya. Dosa melukai kodrat dan solidaritas manusia. Kristus dalam penderitaan-Nya menyingkap sepenuhnya keseriusan dosa dan mengatasinya dengan kerahiman-Nya.

1849-1851 ; 1871-1872

 

 

393. Apakah ada bermacam-macam dosa?

 

Ada banyak macam dosa. Dosa bisa digolongkan menurut objek atau keutamaan atau perintah yang dilanggar. Dosa dapat secara langsung berkenaan dengan Allah, sesama, atau diri kita sendiri, dapat pula dibagi menjadi dosa pikiran, perkataan, perbuatan, atau kelalaian.

1852-1853 ; 1873

 

 

394. Bagaimana dosa dibedakan menurut bobotnya?

 

Perbedaannya ialah dosa berat dan dosa ringan.

1854

 

 

395. Bilamana orang melakukan dosa berat?

 

Seseorang melakukan dosa berat bilamana secara serentak terdapat unsur-unsur: hal berat, pengetahuan penuh, dan persetujuan bebas. Dosa ini merusak cinta kasih dalam diri kita, kita kehilangan rahmat pengudusan, dan jika tidak menyesal akan membawa kita kepada kematian abadi neraka. Dosa ini dapat diampuni dengan cara biasa melalui Sakramen Pembaptisan dan Tobat atau Rekonsiliasi.

1855-1861 ; 1874

 

 

396. Kapan seseorang melakukan dosa ringan?

 

Seseorang melakukan dosa ringan yang berbeda secara esensial dengan dosa berat jika berkenaan dengan hal yang kurang serius, atau jika menyangkut hal besar, di dalamnya tidak terdapat pengetahuan yang penuh dan persetujuan yang lengkap. Dosa ringan tidak merusak perjanjian dengan Allah, tetapi melemahkan cinta kasih dan memunculkan afeksi yang tidak teratur terhadap barang-barang ciptaan. Dosa ini menghalangi kemajuan jiwa dalam melaksanakan keutamaan dan dalam mempraktekkan kebaikan moral. Dosa ini patut mendapatkan ganjaran hukuman sementara yang memurnikan.

1862-1864; 1875

 

 

397. Bagaimana dosa berkembang?

 

Dosa menciptakan kecenderungan ke arah kebiasaan untuk berdosa: lewat pengulangan tindakan yang sama, dosa melahirkan kebiasaan buruk.

1865, 1876

 

 

398. Apa itu kebiasaan buruk?

 

Kebiasaan buruk merupakan lawan dari keutamaan. Kebiasaan buruk adalah kebiasaan yang melenceng dari kebaikan yang mengaburkan suara hati dan membuat seseorang cenderung melakukan hal buruk. Kebiasaan buruk ini dapat dikaitkan dengan yang disebut tujuh dosa pokok, yaitu: kesombongan, iri hati, hawa nafsu, kemarahan, keserakahan, kecemburuan, kemalasan.

1866-1867

 

 

399. Apakah kita ikut bertanggung jawab terhadap dosa yang dilakukan oleh orang lain?

 

Kita mempunyai tanggung jawab jika dengan sadar kita bekerja sama dengan mereka.

1868

 

 

400. Apa itu struktur dosa?

 

Struktur dosa adalah situasi atau institusi sosial yang bertentangan dengan hukum ilahi. Struktur dosa ini merupakan ungkapan dan akibat dari dosa-dosa pribadi.

1869

 

  

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home