|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN TIGA

HIDUP DALAM KRISTUS

 

SEKSI DUA

SEPULUH PERINTAH ALLAH

 

BAB SATU

 ”KASIHILAH TUHAN ALLAHMU DENGAN SEGENAP HATIMU,

DENGAN SEGENAP JIWAMU,

DAN DENGAN SEGENAP AKAL BUDIMU”

  

PERINTAH PERTAMA:

AKULAH TUHAN ALLAHMU.

JANGAN MEMILIKI ALLAH-ALLAH LAIN

DI HADAPANKU.

 

 

442. Apa yang terkandung dalam pernyataan Allah: ”Akulah Tuhan Allahmu” (Kel 20:2)?

 

Ini berarti bahwa orang beriman harus menjaga dan menjalankan tiga keutamaan teologal dan menghindari dosa yang bertentangan dengan itu. Iman percaya kepada Allah dan menolak segala sesuatu yang berlawanan dengannya, seperti keragu-raguan yang disengaja, ketidakpercayaan, kesesatan, penyangkalan iman dan skisma. Harapan menanti dengan penuh kepercayaan penampakan Allah yang terberkati dan pertolongan-Nya, dan menghindari keputusasaan dan kecurigaan. Kasih mencintai Allah di atas segalanya dan karena itu menolak sikap acuh tak acuh, sikap tidak tahu terima kasih, kelesuan, kejenuhan rohani, dan kebencian akan Allah yang muncul dari kesombongan.

2083-2094 ; 2133-2134

 

 

 

443. Apa arti sabda Allah, ”Sembahlah Tuhan Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti” (Mat 4:10)?

 

Kata-kata ini berarti menyembah Allah sebagai Allah segala sesuatu yang ada, merayakan ibadah individual dan komunitas kepada-Nya yang menjadi kewajibannya, berdoa kepada-Nya dengan pujian, syukur, dan permohonan, mempersembahkan kurban kepada-Nya terutama kurban rohani dari kehidupannya sendiri, yang dipersatukan dengan kurban sempurna Kristus, dan memegang teguh janji dan kaul yang telah diikrarkan di hadapan-Nya.

2095-2105 ; 2135-2136

 

 

444. Dengan cara apa seseorang melaksanakan haknya untuk menyembah Allah dalam kebenaran dan kebebasan?

 

Setiap orang mempunyai hak dan kewajiban moral untuk mencari kebenaran, khususnya yang berkenaan dengan Allah dan Gereja-Nya. Pada saat kebenaran dikenal, setiap orang mempunyai hak dan kewajiban moral untuk memeluknya, menjaganya dengan setia, dan merayakan pemujaan yang autentik kepada Allah. Pada saat yang sama, martabat manusia menuntut bahwa dalam hal-hal religius tak seorang pun boleh dipaksa untuk melakukan sesuatu yang berlawanan dengan suara hatinya, dan tidak pula boleh dihalangi, di dalam batas-batas tatanan umum yang bisa dibenarkan, untuk bertindak sesuai suara hatinya, secara pribadi atau umum, sendiri atau dalam kebersamaan dengan yang lain.

2104-2109 ; 2137

 

 

445. Apa yang dilarang Allah dalam perintah, ”Jangan ada padamu allah  lain di hadapan-Ku” (Kel 20:3)?

 

Perintah itu melarang:

 

– Polytheisme dan penyembahan berhala, yang mengilahikan ciptaan, kekuasaan, uang, atau bahkan setan.

– Takhayul yang merupakan penyimpangan dari penyembahan yang layak diberikan hanya kepada Allah yang benar dan terungkap dalam bermacam-macam bentuk pengilahian, magi, sihir, dan spiritisme.

– Penodaan agama yang tampak dalam mencobai Allah dalam kata atau tindakan, dalam sakrilegi, yang mencemarkan orang-orang kudus atau barang-barang suci, terutama Ekaristi, dan dosa simoni yang menyangkut jual beli barang-barang rohani.

– Ateisme yang menyangkal eksistensi Allah, sering berdasar pada konsep yang salah tentang otonomi manusia.

– Agnostisisme yang menekankan bahwa tak ada sesuatu pun yang dapat dikenal tentang Allah, termasuk di sini ketidakpedulian (indiferentisme) dan ateisme praktis.

2110-2128 ; 2138-2140

 

 

 

446. Apakah perintah Allah, ”Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun” (Kel 20:4), melarang penghormatan pada gambar?

 

Dalam Perjanjian Lama, perintah ini melarang secara mutlak setiap representasi Allah yang transenden. Tetapi, penghormatan Kristen akan gambar-gambar suci dibenarkan oleh fakta penjelmaan Putra Allah (sebagaimana dijelaskan oleh Konsili Nicea II, tahun 787 M) karena penghormatan itu didasarkan pada misteri Putra Allah yang menjadi manusia, yang dalam Dia, Allah Transenden menjadi tampak. Itu bukan berarti penyembahan gambar, tetapi terlebih penghormatan seseorang yang direpresentasikan di dalamnya, misalnya, Kristus, Perawan Maria, para malaikat, dan para santo-santa.

2129-2132; 2141

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home