|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN TIGA

HIDUP DALAM KRISTUS

 

SEKSI DUA

SEPULUH PERINTAH ALLAH

 

BAB DUA

 ”KASIHILAH SESAMAMU SEPERTI DIRIMU SENDIRI”

  

PERINTAH KETUJUH:

JANGAN MENCURI

 

503. Apa yang dimaksudkan oleh perintah ketujuh?

 

Perintah ketujuh menuntut hormat terhadap pembagian dan tujuan universal barang-barang dan hak milik pribadi terhadap barang-barang itu, sebagaimana juga hormat terhadap pribadi, hak milik, dan integritas ciptaan. Gereja juga menemukan, dalam perintah ini, dasar untuk ajaran sosial yang meliputi cara yang benar untuk bertindak dalam kehidupan ekonomi, sosial, dan politik, hak dan kewajiban pekerja, keadilan dan solidaritas di antara bangsa-bangsa, dan cinta kasih kepada orang-orang miskin.

2401-2402

 

504. Dalam kondisi-kondisi mana terdapat hak milik pribadi?

 

Hak milik pribadi bisa diakui jika yang dimiliki itu didapat atau diterima dengan cara yang benar dan perlu diingat bahwa tujuan universal barang-barang ciptaan adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar semua orang.

2403

 

 

505. Apa tujuan hak milik pribadi?

 

Tujuan hak milik pribadi adalah untuk menjamin kebebasan dan martabat individu dengan membantunya menyadari kebutuhan dasar mereka yang dipercayakan kepadanya dan juga semua orang lain yang membutuhkan.

2404-2406
 

 

506. Apa yang dituntut oleh perintah ketujuh?

 

Perintah ketujuh menuntut hormat kepada barang-barang orang lain melalui praktek keadilan dan cinta kasih, keugaharian, dan solidaritas. Secara khusus, perintah ini menuntut hormat pada janji-janji yang dibuat dan kontrak-kontrak yang sudah disetujui, pemulihan, dan ganti rugi untuk ketidakadilan yang sudah dilakukan, hormat terhadap keutuhan ciptaan dengan penggunaan secara ugahari dan bijaksana sumber-sumber alam mineral, tumbuh-tumbuhan, dan binatang dengan perhatian khusus pada spesies yang terancam punah.

2407 ; 2450-2451

 

 

507. Sikap apa yang seharusnya dimiliki terhadap binatang?

 

Manusia harus memperlakukan binatang dengan baik sebagai ciptaan Allah dan menghindari sikap ekstrem, baik cinta yang berlebihan maupun penggunaan sewenang-wenang khususnya untuk kepentingan eksperimen ilmiah yang melampaui batas-batas yang dapat diterima akal dan menyebabkan penderitaan yang tidak perlu bagi binatang.

2416-2418 ; 2457

 

 

508. Apa yang dilarang oleh perintah ketujuh?

 

Perintah ketujuh terutama melarang pencurian, yaitu mengambil atau memakai milik orang lain yang berlawanan dengan kehendak yang masuk akal dari pemiliknya. Hal ini bisa juga terjadi dalam bentuk pembayaran upah yang tidak adil, berspekulasi tentang nilai barang-barang untuk mendapatkan keuntungan dengan akibat kerugian bagi orang lain, atau dengan penipuan dalam bentuk cek atau nota pembayaran. Hal-hal yang juga dilarang ialah penghindaran pajak, bisnis penipuan, perusakan barang milik pribadi atau umum yang disengaja dan disadari, riba, korupsi, penyalahgunaan barang-barang milik umum untuk kepentingan pribadi, dengan sengaja bekerja dengan buruk, dan pemborosan.

2408-2413 ; 2453-2455

 

 

509. Apa isi Ajaran Sosial Gereja?

 

Ajaran Sosial Gereja adalah perkembangan organis kebenaran Injil tentang martabat pribadi manusia dan dimensi sosialnya, memberikan prinsip-prinsip untuk refleksi, kriteria penilaian dan norma-norma, serta petunjuk pelaksanaan.

2419-2423
 

 

510. Bilamana Gereja berintervensi dalam bidang sosial?

 

Gereja berintervensi dengan membuat penilaian moral tentang hal-hal ekonomi dan sosial jika hak-hak fundamental pribadi, kebaikan umum, atau keselamatan jiwa menuntutnya.

2420; 2458

 

 

511. Bagaimana seharusnya menjalankan kehidupan sosial dan ekonomi?

 

Harus dijalankan menurut metodenya sendiri dalam lingkup tatanan moral, demi pelayanan seluruh umat manusia dan seluruh komunitas dalam menjaga keadilan sosial. Tujuan, pusat, dan subjek pelaku kehidupan sosial dan ekonomi haruslah pribadi manusia sendiri.

2459

 

 

512. Apa yang bertentangan dengan Ajaran Sosial Gereja?

 

Yang bertentangan dengan Ajaran Sosial Gereja ialah sistem sosial dan ekonomi yang mengorbankan hak-hak dasariah pribadi manusia atau meletakkan keuntungan sebagai norma eksklusif dan tujuan akhir. Untuk alasan inilah Gereja menolak ideologi yang pada masa modern ini dihubungkan dengan komunisme atau ateisme dan bentuk-bentuk totaliter sosialisme. Tetapi dalam praktek kapitalisme, Gereja juga menolak individualisme yang berpusat pada diri sendiri dan peranan mutlak hukum pasar yang mengalahkan pekerjaan manusiawi.

2424-2425

 

 

513. Apa makna pekerjaan?

 

Pekerjaan merupakan kewajiban sekaligus hak. Melalui pekerjaan, manusia bekerja sama dengan Allah Pencipta. Melalui pekerjaan yang dilaksanakan dengan penuh komitmen dan kompetensi, kita mengaktualkan potensi yang ditulis dalam kodrat kita, menghormati anugerah Pencipta dan talenta-talenta yang diterima dari-Nya, menunjang kehidupan kita dan keluarga kita, dan melayani masyarakat. Terlebih lagi, dengan rahmat Allah, pekerjaan dapat menjadi sarana pengudusan dan bekerja sama dengan Kristus untuk keselamatan orang lain.

2426-2428 ; 2460-2461

  

 

514. Setiap orang mempunyai hak untuk pekerjaan macam apa?

 

Jalan masuk kepada pekerjaan yang jujur dan pasti harus terbuka bagi semuanya tanpa diskriminasi yang tidak adil dan dengan menghormati inisiatif ekonomi dan upah yang adil.

2429; 2433-2434

 

 

515. Apa tanggung jawab negara berkenaan dengan pekerjaan?

 

Adalah tugas negara untuk menjamin kebebasan individu dan hak milik pribadi, seperti juga mata uang yang stabil dan pelayanan umum yang efektif. Termasuk juga tanggung jawab negara untuk menjaga dan melaksanakan hak-hak asasi dalam sektor ekonomi. Sesuai dengan konteks dan situasinya, masyarakat harus membantu warga untuk menemukan pekerjaan.

2431

 

 

516. Apa tugas manajemen bisnis?

 

Para manajer bisnis bertanggung jawab untuk akibat-akibat ekonomis dan ekologis dari kegiatan-kegiatan mereka. Mereka harus mementingkan pertamatama kebaikan pribadi manusia dan tidak hanya bertambahnya keuntungan, bahkan walaupun keuntungan ini penting untuk menjamin investasi, masa depan bisnis, dan kemajuan hidup ekonomi.

2432

 

 

517. Apa yang menjadi kewajiban para pekerja?

 

Mereka harus melaksanakan pekerjaan mereka dengan kesadaran, kompetensi, dan dedikasi, mencari penyelesaian setiap pertikaian dengan jalan dialog. Memakai jalan pemogokan tanpa kekerasan jika hal itu dirasa perlu untuk mencari solusi yang proporsional secara moral bisa dibenarkan dan perlulah memperhitungkan kebaikan umum.

2435

 

 

518. Bagaimana melaksanakan keadilan dan solidaritas di antara bangsabangsa?

 

Pada level internasional, semua bangsa dan institusi harus melaksanakan pekerjaan mereka dalam solidaritas dan subsidiaritas untuk tujuan menghapuskan atau paling sedikit mengurangi kemiskinan, ketidaksamaan sumber-sumber alam dan potensi ekonomi, ketidakadilan ekonomi dan sosial, eksploitasi pribadi manusia, akumulasi utang negara-negara miskin, dan mekanisme buruk yang menghalangi perkembangan negara-negara yang kurang maju.

2437-2441

 

 

519. Dengan cara apa orang-orang Kristen berpartisipasi dalam hidup sosial dan politik?

 

Umat awam mengambil bagian dalam kehidupan sosial dan politik secara langsung dengan menjiwai realitas-realitas duniawi dengan semangat Kristen, dan bekerja sama dengan semua sebagai saksi-saksi autentik Injil dan menjadi pelakupelaku keadilan dan kedamaian.

2442

 

 

520. Apa yang menginspirasikan cinta kepada kaum miskin?

 

Cinta kepada kaum miskin diinspirasikan oleh Injil Sabda Bahagia dan teladan Yesus dalam keprihatinan-Nya yang terus-menerus bagi kaum miskin. Yesus berkata: ”Segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku” (Mat 25:40). Cinta kepada kaum miskin diwujudkan melalui perjuangan melawan kemiskinan materi dan juga melawan pelbagai bentuk kemiskinan kultural, moral, dan religius. Karyakarya amal spiritual dan material dan banyak institusi karitatif yang terbentuk selama berabad-abad merupakan saksi-saksi konkret cinta kepada kaum miskin yang menjadi ciri khas murid-murid Yesus.

2443-2449 ; 2462-2463

 

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home