|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN TIGA

HIDUP DALAM KRISTUS

 

SEKSI DUA

SEPULUH PERINTAH ALLAH

 

BAB DUA

 ”KASIHILAH SESAMAMU SEPERTI DIRIMU SENDIRI”

  

PERINTAH KEDELAPAN:

JANGAN BERSAKSI DUSTA

TERHADAP SESAMAMU

 

 

521. Apa kewajiban seseorang terhadap kebenaran?

 

Setiap orang dipanggil untuk kejujuran dan kebenaran, baik dalam perbuatan maupun perkataan. Setiap orang mempunyai kewajiban untuk mencari kebenaran, menganutnya dan mengatur seluruh hidupnya sesuai dengan tuntutannya. Dalam Yesus Kristus, seluruh kebenaran Allah sudah dinyatakan. Dia adalah ”kebenaran”. Mereka yang mengikuti-Nya hidup dalam Roh kebenaran dan dilindungi terhadap hati yang mendua, kepura-puraan, dan kemunafikan.

2464-2470 ; 2504

 

 

522. Bagaimana seseorang memberi kesaksian akan kebenaran?

 

Seorang Kristen harus memberi kesaksian akan kebenaran Injil dalam setiap bidang kegiatannya, baik publik maupun pribadi, dan jika perlu, sampai mengurbankan hidupnya. Kemartiran adalah kesaksian tertinggi yang diberikan untuk kebenaran iman.

2471-2474 ; 2505-2506

 

 

523. Apa yang dilarang oleh perintah kedelapan?

 

Perintah kedelapan melarang:

 

– kesaksian palsu, sumpah palsu, dan dusta, berat atau ringannya diukur dari kebenaran yang diingkari, situasi, intensi yang dimiliki, dan kerusakan yang diderita oleh korbannya.

– Penilaian yang terburu-buru, menjelekkan nama, dan fitnah yang merusak nama baik yang dimiliki seseorang yang menjadi haknya.

– merayu, membujuk, atau bermanis bibir khususnya jika diarahkan kepada dosa yang serius atau untuk mendapatkan keuntungan tertentu yang tidak halal.

 

Dosa melawan kebenaran menuntut pemulihan jika menyebabkan kerusakan

atau pencemaran bagi orang lain.

2475-2487 ; 2507-2509

 

 

524. Apa yang dituntut oleh perintah kedelapan?

 

Perintah kedelapan menuntut hormat kepada kebenaran dibarengi dengan pertimbangan kasih dalam bidang komunikasi dan menyebarkan informasi, yang harus empertimbangkan kebaikan pribadi dan umum, perlindungan terhadap kehidupan pribadi dan bahaya skandal. Perlu diperhatikan mengenai rahasia jabatan yang harus dijaga, kecuali dalam kasus khusus karena alasan berat dan proporsional, dan juga harus menghormati kepercayaan yang diberikan di bawah meterai rahasia.

2488-2492 ; 2510-2511

 

 

525. Bagaimana seseorang seharusnya menggunakan sarana komunikasi sosial?

 

Informasi yang diberikan oleh media massa harus bertujuan demi kebaikan umum. Isinya harus benar dan – dalam batas-batas keadilan dan kasih – juga lengkap. Lebih-lebih lagi, informasi haruslah dikomunikasikan sejujurnya dan semestinya dengan sungguh-sungguh menghormati hukum moral dan hak yang sah dan martabat pribadi seseorang.

2493-2499 ; 2512

 

 

526. Hubungan apa yang ada antara kebenaran, keindahan, dan seni suci?

 

Kebenaran itu indah, membawa dalam dirinya cahaya keindahan spiritual. Kecuali diungkapkan dalam kata-kata, ada pula ungkapan lain kebenaran yang bersifat melengkapi, yaitu secara khusus dalam keindahan karya-karya seni. Karya seni merupakan buah dari talenta yang diberikan oleh Allah dan usaha manusia. Seni suci yang benar dan berbentuk indah harus mewartakan dan memuliakan misteri Allah yang tampak dalam Kristus, dan menuntun ke arah penyembahan dan cinta Allah, Pencipta dan Juru Selamat, Keindahan Kebenaran dan Cinta yang tak kelihatan dan mengatasi segala sesuatu.

2500-2503 ; 2513

 

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home