|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN TIGA

HIDUP DALAM KRISTUS

 

SEKSI DUA

SEPULUH PERINTAH ALLAH

 

BAB DUA

 ”KASIHILAH SESAMAMU SEPERTI DIRIMU SENDIRI”

  

PERINTAH KESEMBILAN:

JANGAN MENGINGINI ISTRI SESAMAMU

 

 

527. Apa yang dituntut oleh perintah kesembilan?

 

Perintah kesembilan menuntut seseorang mengatasi hawa nafsu seksual dalam pikiran dan keinginan. Perjuangan melawan hawa nafsu tersebut menyebabkan pemurnian hati dan melatih keutamaan pengendalian diri.

2514-2516; 2528-2530

 

 

528. Apa yang dilarang oleh perintah kesembilan?

 

Perintah kesembilan melarang untuk berpikir dan berkeinginan sehubungan dengan tindakan yang dilarang oleh perintah keenam.

2517-2519; 2531-2532

 

 

529. Bagaimana seseorang mencapai kemurnian hati?

 

Dalam perjuangan melawan keinginan tak teratur, dengan rahmat Allah, orang yang sudah dibaptis mampu mencapai kemurnian hati melalui keutamaan dan anugerah kemurnian, maksud yang jujur, cara melihat yang jujur baik lahir maupun batin, penguasaan imajinasi dan perasaan, dan melalui doa.

2520

 

 

530. Apa tuntutan lain untuk kemurnian?

 

Kemurnian menuntut keugaharian yang seraya melindungi pusat terda lam seorang pribadi, mengungkapkan kepekaan kemurnian. Kemurnian membimbing bagaimana seseorang memandang orang lain dan bertindak terhadapnya sesuai dengan martabat pribadi dan persatuan mereka. Kemurnian membebaskan seseorang dari erotisme yang merajalela dan menghindari halhal yang merangsang keingintahuan yang sensitif. Kemurnian juga menuntut pemurnian situasi sosial dengan sarana perjuangan konstan melawan moral yang

permisif yang didasarkan pada pemahaman kebebasan manusia yang keliru.

2521-2527 ; 2533

 

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home