|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN EMPAT

DOA KRISTEN

 

SEKSI SATU

DOA DALAM HIDUP KRISTEN

 

534. Apa itu doa?

 

Doa berarti mengangkat hati dan budi menuju Allah, atau memohon hal-hal baik kepada-Nya sesuai dengan kehendak-Nya. Doa selalu merupakan rahmat Allah yang datang untuk berjumpa dengan manusia. Doa Kristen ialah relasi anak-anak Allah yang personal dan hidup dengan Bapa mereka yang mahabaik, dengan Putra-Nya Yesus Kristus, dan dengan Roh Kudus yang tinggal dalam hati mereka.

2558-2565 ; 2590

 

BAB SATU

 PEWAHYUAN DOA

 

535. Mengapa ada panggilan universal untuk doa?

 

Karena melalui penciptaan, Allah pertama-tama memanggil setiap makhluk dari ketiadaan. Bahkan sesudah kejatuhan ke dalam dosa, manusia tetap mampu mengenal Penciptanya dan memelihara kerinduan akan Dia yang sudah menciptakannya. Semua agama, dan secara khusus seluruh sejarah keselamatan, memberikan kesaksian tentang kerinduan manusia akan Allah ini. Namun, pertama-tama adalah Allah yang terus-menerus menarik setiap orang kepada perjumpaan misterius yang disebut dengan doa ini.

2566-2567

 

 

PEWAHYUAN DOA DALAM PERJANJIAN LAMA

 

536. Bagaimana Abraham menjadi model pendoa?

 

Abraham menjadi model pendoa karena dia berjalan dalam kehadiran Allah, mendengarkan dan menaati-Nya. Doanya merupakan pergulatan iman karena ia tetap terus percaya akan kesetiaan Allah, bahkan pada masa-masa pencobaan. Di samping itu, setelah menerima kunjungan Allah yang mempercayakan rencana-Nya kepada Abraham dalam kemahnya sendiri, Abraham berani menjadi perantara untuk orang-orang berdosa dengan kepercayaan total.

2570-2573 ; 2592

 

 

537. Bagaimana Musa berdoa?

 

Doa Musa merupakan ciri khas doa kontemplasi. Allah yang memanggil Musa dari semak bernyala sering dan lama berbicara dengannya, ”dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya” (Kel 33:11). Dalam hubungan erat dengan Allah ini, Musa menerima kekuatan untuk menjadi perantara bagi umatnya dengan keteguhan hati: doanya merupakan pralambang satu-satunya pengantara, Kristus Yesus.

2574-2577 ; 2593

 

 

538. Dalam Perjanjian Lama, apa hubungan raja dan kenisah dengan doa?

 

Doa Umat Allah berkembang dalam bayangan tempat tinggal Allah – Tabut Perjanjian, kemudian kenisah – di bawah bimbingan gembala mereka. Di antara mereka terdapat Daud, raja ”menurut hati Allah sendiri”, gembala yang berdoa bagi umatnya. Doanya merupakan model untuk doa umat karena berkenaan dengan kepercayaan akan janji ilahi, suatu kepercayaan yang dipenuhi dengan cinta akan Dia, satu-satunya Raja dan Allah.

2578-2580 ; 2594

 

 

539. Apa peranan doa dalam perutusan para nabi?

 

Dari doalah para nabi menimba penerangan dan kekuatan untuk mengajak umat agar beriman dan melakukan pertobatan hati. Mereka masuk ke dalam hubungan yang erat dengan Allah dan menjadi perantara untuk saudara-saudari mereka. Dan, kepada mereka inilah para nabi mewartakan apa yang telah mereka lihat dan dengar dari Allah. Elia adalah bapa dari semua nabi, dari mereka yang mencari wajah Allah. Di Gunung Karmel, Elia membuat umat kembali kepada iman mereka karena campur tangan Allah. Kepada Allah, Elia berdoa: ”Jawablah aku, ya Tuhan, jawablah aku!” (1Raj 18:37).

2581-2584

 

 

540. Apa pentingnya mazmur dalam doa?

 

Mazmur merupakan puncak doa dalam Perjanjian Lama. Sabda Allah menjadi doa manusia. Doa ini, yang tak terpisahkan baik personal maupun komunal dan diilhami oleh Roh Kudus, memadahkan perbuatan Allah yang hebat dalam penciptaan dan sejarah keselamatan. Kristus mendoakan Mazmur dan membawanya dalam kepenuhan. Jadi, Mazmur tetap merupakan unsur esensial dan permanen dari doa Gereja yang cocok untuk setiap orang dalam segala macam kondisi dan waktu.

2579 ; 2585-2589 ; 2596-2597

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home