|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN EMPAT

DOA KRISTEN

 

SEKSI SATU

DOA DALAM HIDUP KRISTEN

 

BAB SATU

 PEWAHYUAN DOA

 

DOA DIUNGKAPKAN SECARA PENUH

DAN DIWUJUDKAN DALAM YESUS

 

 

541. Dari siapa Yesus belajar bagaimana berdoa?

 

Yesus, dengan hati manusiawinya, belajar berdoa dari bunda-Nya dan dari tradisi Yahudi. Tetapi, doa-Nya memancar dari sumber yang jauh lebih rahasia karena Dia adalah Putra Allah yang abadi, yang dalam kemanusiaan kudus-Nya mempersembahkan doa keputraan-Nya yang sempurna kepada Bapa-Nya.

2599 ; 2620

 

 

542. Bilamana Yesus berdoa?

 

Injil sering menunjukkan Yesus sedang berdoa. Kita membaca dalam Injil, Yesus pergi ke tempat yang sunyi untuk berdoa dalam kesendirian, bahkan pada malam hari. Dia berdoa sebelum saat-saat penentuan misi-Nya atau misi para Rasul-Nya. Pada kenyataannya, seluruh hidup-Nya merupakan doa karena Dia berada dalam kesatuan cinta yang terus-menerus dengan Bapa.

2600-2604 ; 2620

 

 

543. Bagaimana Yesus berdoa selama penderitaan-Nya?

 

Doa Yesus selama sakrat maut-Nya di Taman Getsemani dan kata-kata-Nya yang terakhir di kayu salib mengungkapkan kedalaman doa keputraan-Nya. Yesus menggenapi rencana cinta Bapa dan memikul di pundak-Nya seluruh kecemasan umat manusia dan semua doa permohonan dalam sejarah keselamatan. Dia mempersembahkan semuanya kepada Bapa yang menerimanya dan memberikan jawaban yang jauh melampaui semua harapan dengan membangkitkan Putra-Nya dari alam maut.

2605-2606 ; 2620

 

 

544. Bagaimana Yesus mengajar kita berdoa?

 

Yesus tidak hanya mengajar kita berdoa dengan Bapa Kami, tetapi juga ketika Dia berdoa. Dengan cara ini, Dia tidak hanya mengajarkan isi doa, tetapi sikap batin yang perlu untuk doa yang benar: kemurnian hati yang mencari Kerajaan Allah dan mengampuni musuh, iman yang teguh dan bersifat keputraan, yang melampaui apa yang bisa kita rasakan dan pahami, dan berjaga-jaga yang melindungi para murid dari pencobaan.

2608-2614 ; 2621

 

 

545. Mengapa doa kita berdaya guna?

 

Doa kita berdaya guna karena dipersatukan dalam iman dengan doa Yesus. Dalam Dia, doa Kristen menjadi kesatuan cinta dengan Bapa. Dengan cara ini, kita bisa mengajukan permohonan kepada Allah dan akan didengarkan. ”Mintalah maka kamu akan menerima supaya penuhlah sukacitamu” (Yoh 16:24).

2615-2616

 

 

546. Bagaimana Perawan Maria berdoa?

 

Doa Maria dicirikan dengan iman dan persembahan total seluruh keberadaannya kepada Allah. Bunda Yesus adalah juga Hawa baru, ”Bunda semua yang hidup”. Dia berdoa kepada Yesus untuk kepentingan semua orang.

2617; 2618 ; 2622; 2674 ; 2679

 

 

547. Apakah ada doa Maria dalam Injil?

 

Kecuali doa Maria di Kana, Galilea, Injil memberikan doa Magnificat (Luk 1:46-55) yang merupakan kidung Maria dan juga Gereja, persembahan rasa syukur penuh sukacita yang keluar dari hati orang miskin karena harapannya terkabul dengan pemenuhan janji ilahi.

2619

 

 

DOA PADA MASA GEREJA

 

548. Bagaimana komunitas Kristen yang pertama di Yerusalem berdoa?

 

 Pada awal Kisah Para Rasul, tertulis bahwa dalam persekutuan pertama di Yerusalem, yang diajari kehidupan doa oleh Roh Kudus, kaum beriman ”bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memrcahkan roti dan berdoa” (Kis 2:42).

 2623-2624

 

 

549. Bagaimana Roh Kudus campur tangan dalam doa Gereja?

 

Roh Kudus, Guru batin doa Kristen, membentuk Gereja dalam kehidupan doa dan membiarkan masuk lebih lagi ke dalam kontemplasi dan kesatuan dengan misteri Kristus yang tak terselami. Bentuk-bentuk doa yang terungkap dalam tulisan-tulisan Apostolik dan Kanonik tetap menjadi acuan normatif bagi doa Kristen.

2623; 2625

 

 

550. Apa bentuk-bentuk dasar doa Kristen?

 

Bentuk-bentuk itu ialah pemberkatan dan penyembahan, doa permohonan dan doa syafaat, syukur dan pujian. Ekaristi mengandung dan mengungkapkan semua bentuk doa.

2643-2644

 

 

551. Apa itu ”pemberkatan”?

 

Doa pemberkatan adalah jawaban manusia terhadap anugerah Allah: kita memuji Yang Mahakuasa yang lebih dulu memberkati kita dan memenuhi kita dengan anugerah-anugerah-Nya.

2626-2627 ; 2645

 

 

552. Bagaimana penyembahan itu dijelaskan?

 

Penyembahan adalah pengakuan yang rendah hati dari pihak manusia bahwa mereka adalah makhluk dari Pencipta yang mahakudus.

2628

 

 

553. Apa saja bentuk-bentuk doa permohonan?

 

Dapat berupa permohonan ampun atau juga permohonan yang rendah hati dan penuh percaya untuk semua kebutuhan kita, baik spiritual maupun material. Tetapi, hal pertama yang harus dimohon ialah kedatangan Kerajaan Allah.

2629-2633 ; 2646

 

 

554. Apa isi doa syafaat itu?

 

Doa syafaat adalah doa yang memohon atas nama orang lain. Doa ini menyelaraskan dan mempersatukan kita dengan doa Yesus yang memohon kepada Bapa untuk semua orang, terutama orang berdosa. Bahkan, doa syafaat harus termasuk mendoakan musuh.

2634-2636 ; 2647

 

 

555. Kapan persembahan diberikan kepada Allah?

 

Gereja mengucap syukur kepada Allah terus-menerus, terutama dalam merayakan Ekaristi saat Kristus memperkenankan Gereja untuk berpartisipasi dalam ucapan syukur-Nya kepada Bapa. Bagi orang Kristen, setiap peristiwa bisa menjadi alasan untuk mengucap syukur.

2637-2638 ; 2648

 

 

556. Apakah doa pujian itu?

 

Pujian adalah bentuk doa yang mengakui secara paling langsung bahwa Allah adalah Allah. Doa ini sama sekali tanpa kepentingan apa pun: mengidungkan pujian Allah semata-mata demi kepentingan Allah dan memuliakan Allah melulu karena Dia adalah Allah.

2639-2643 ; 2649

 

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home