|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN EMPAT

DOA KRISTEN

 

SEKSI SATU

DOA DALAM HIDUP KRISTEN

 

BAB DUA

 TRADISI DOA

 

557. Apa pentingnya Tradisi berkenaan dengan doa?

 

Dalam Gereja melalui Tradisi yang hidup, Roh Kudus mengajar anakanak Allah bagaimana berdoa. Kenyataannya, doa tidak dapat direduksi pada keluarnya dorongan batin secara spontan, tetapi menyangkut kontemplasi, studi, dan pemahaman realitas rohani yang dialaminya.

2650-2651

 

MENIMBA DARI SUMBER-SUMBER DOA

 

558. Apa sumber doa Kristen?

 

Sumber-sumber itu ialah Sabda Allah yang memberi kita ”pengenalan” akan Kristus (Flp 3:8), Liturgi Gereja yang mewartakan, menghadirkan, dan mengomunikasikan misteri keselamatan, keutamaan teologal dan situasi setiap hari karena di dalamnya kita dapat bertemu dengan Allah.

2652-2662

 

”Aku cinta pada-Mu, Tuhan,

dan satu-satunya rahmat yang kuminta

ialah mencintai Engkau selamanya. ...

Allahku, jika lidahku tidak dapat mengatakan setiap saat

bahwa aku mencintai Engkau,

aku ingin agar hatiku mengulanginya kepada-Mu

sesering tarikan napasku”

(Pastor dari Ars, Santo Yohanes Maria Vianney)

 


 

 

CARA BERDOA

 

559. Apakah ada banyak cara untuk berdoa dalam Gereja?

 

Dalam Gereja, ada bermacam-macam cara berdoa yang berhubungan erat dengan perbedaan konteks historis, sosial, dan kultural. Kuasa Mengajar Gereja mempunyai tugas untuk mempertimbangkan kesetiaan cara-cara doa ini kepada tradisi iman para Rasul. Adalah tugas para Imam dan Katekis untuk menjelaskan makna-makna tradisi iman ini yang selalu dikaitkan dengan Yesus Kristus.

2663

 

560. Apa jalan doa kita?

 

Jalan doa kita ialah Kristus karena doa itu diarahkan kepada Allah Bapa kita, tetapi hanya dapat sampai kepada-Nya jika kita berdoa dalam nama Yesus, paling sedikit secara implisit. Kemanusiaan-Nya de facto merupakan satu-satunya jalan melalui mana Roh Kudus mengajar kita berdoa kepada Bapa. Karena itu, doa liturgi ditutup dengan rumusan ”melalui Yesus Kristus, Tuhan kami”.

2664 ; 2680-2681

 

 

561. Apa peran Roh Kudus dalam doa?

 

Karena Roh Kudus adalah Guru batin doa Kristen dan ”kita tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa” (Rom 8:26), Gereja menganjurkan kita untuk berseru dan memohon kepada-Nya dalam setiap situasi, ”Datanglah, Roh Kudus!”

2670-2672 ; 2680-2681

 

 

562. Dalam arti apa doa Kristen itu juga bersifat Marian?

 

Karena kerja samanya yang istimewa dengan karya Roh Kudus, Gereja sangat suka berdoa kepada Maria dan bersama Maria, pendoa yang sempurna, dan untuk ”memuliakan” dan berseru kepada Allah bersama dengannya. Maria menunjukkan ”Jalan” kepada kita, yaitu Putranya, satu-satunya Pengantara.

2673-2679 ; 2682

 

 

563. Bagaimana Gereja berdoa kepada Maria?

 

Terutama dengan Salam Maria, dengan doa ini Gereja memohon pengantaraan Sang Perawan Tersuci. Doa-doa Maria yang lain ialah: Rosario, himne Akathistos, Paraklesis (Penghibur), dan banyak himne serta lagu Maria dalam bermacam-macam tradisi Kristiani.

2676-2678 ; 2682

 

 

PEMBIMBING DOA

 

564. Bagaimana santo-santa itu menjadi pembimbing kita dalam berdoa?

 

Santo-santa adalah model doa kita. Kita juga mohon mereka menjadi pengantara untuk kita dan juga untuk seluruh dunia di hadapan Tritunggal yang Mahakudus. Pengantaraan mereka merupakan pelayanan yang paling patut dipuji untuk rencana Allah. Dalam persekutuan para Kudus, melalui sejarah Gereja, telah berkembang bermacam-macam spiritualitas yang mengajar kita bagaimana hidup dan mempraktekkan cara-cara doa.

2683-2684 ; 2692-2693

 

 

565. Siapa yang dapat mendidik kita dalam doa?

 

Keluarga Kristiani adalah tempat pertama untuk pendidikan doa. Doa harian keluarga secara khusus sangat dianjurkan karena merupakan saksi pertama kehidupan doa dalam Gereja. Katekese, kelompok-kelompok doa, dan ”bimbingan rohani” merupakan sekolah dan bantuan untuk doa.

2685-2690 ; 2694-2695

 

 

566. Tempat-tempat apa yang mendukung untuk doa?

 

Orang dapat berdoa di mana saja, tetapi pilihan tempat tertentu dapat memberikan bantuan yang tidak dapat diabaikan. Gereja adalah tempat untuk doa liturgi dan perayaan Ekaristi. Tempat-tempat lain juga dapat membantu seseorang untuk berdoa, misalnya ”ruang doa khusus” di rumah, biara, atau tempat ziarah.

2691 ; 2696

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home