|Home |Indeks |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPENDIUM KGK
 

BAGIAN EMPAT

DOA KRISTEN

 

SEKSI SATU

DOA DALAM HIDUP KRISTEN

 

 BAB TIGA

 HIDUP DOA

 

567. Waktu apa yang tepat untuk berdoa?

 

Setiap saat itu baik untuk berdoa, tetapi Gereja mengusulkan kepada umat beriman irama tertentu untuk berdoa guna menjaga doa yang terus-menerus: doa pagi dan malam, doa sebelum dan sesudah makan, ibadat harian, Ekaristi hari Minggu, rosario, dan pesta-pesta tahun liturgi.  

2697-2698 ; 2720

 

 

”Kita harus mengingat Allah

lebih sering daripada tarikan napas kita

(Santo Gregorius dari Nazianze)

 

 

568. Apa ungkapan-ungkapan hidup doa?

 

Tradisi Kristiani mempunyai tiga bentuk untuk mengungkapkan dan menghayati doa: doa dengan kata-kata, meditasi, dan doa kontemplatif. Ciri khas yang umum untuk ketiganya adalah ketenangan hati.

2697-2699

BENTUK-BENTUK DOA

 

569. Bagaimana menjelaskan doa dengan kata-kata?

 

Doa dengan kata-kata menggabungkan badan dengan kedalaman doa batin. Bahkan, doa yang paling dalam pun tidak lepas dari doa dengan kata-kata. Tetapi, yang penting harus selalu keluar dari iman personal. Dengan doa Bapa Kami, Yesus mengajarkan bentuk sempurna doa dengan kata-kata.

2700-2704 ; 2722

 

 

570. Apakah meditasi itu?

 

Meditasi adalah refleksi penuh doa yang dimulai dengan Sabda Allah dalam Kitab Suci. Meditasi meliputi pikiran, imajinasi, dan keinginan untuk memperdalam iman, pertobatan hati, dan memperkuat kehendak kita untuk mengikuti Kristus. Meditasi adalah langkah pertama untuk menuju persatuan cinta dengan Allah kita.

2705-2708 ; 2723

 

 

571. Apakah doa kontemplatif itu?

 

Doa kontemplatif melulu hanya memandang Allah dalam keheningan dan cinta. Doa ini merupakan rahmat Allah, saat iman murni, di dalamnya seseorang berdoa mencari Kristus, menyerahkan dirinya kepada kehendak suci Bapa, dan meletakkan dirinya di bawah tindakan Roh Kudus. Santa Teresa Avila menggambarkan doa kontemplatif sebagai hubungan persahabatan yang amat erat, ”sering tinggal sendiri bersama Allah yang kita tahu mencintai kita”.

2709-2719 ; 2724; 2739-2741

 

 

 

PERGULATAN DOA

 

 

572. Mengapa doa merupakan suatu ”pergulatan”?

 

Doa adalah rahmat cuma-cuma, tetapi selalu mengandaikan suatu jawaban tegas dari pihak kita karena mereka yang berdoa itu bergulat melawan diri mereka sendiri, melawan lingkungannya, dan khususnya melawan si Penggoda yang berusaha sekuat tenaga untuk menarik orang keluar dari doa. Pergulatan doa tidak terpisahkan dari kemajuan dalam hidup rohani. Kita berdoa seperti kita hidup karena kita hidup seperti kita berdoa.

2725

 

 

573. Apakah ada keberatan terhadap doa?

 

Kecuali pemahaman yang salah mengenai doa, banyak orang berpikir bahwa mereka tidak mempunyai waktu untuk berdoa atau berdoa itu tidak ada gunanya. Mereka yang berdoa dapat kehilangan semangat menghadapi berbagai kesulitan dan kegagalan. Untuk mengatasi aneka rintangan tersebut, diperlukan kerendahan hati, kepercayaan, dan ketekunan.

2726-2728 ; 2752-2753

 

 

574. Apa saja kesulitan-kesulitan dalam doa?

 

Sering kali, doa kita dipersulit oleh pikiran melayang. Ia mengalihkan perhatian kita dari Allah dan dapat juga menyingkapkan apa yang membuat kita bergantung. Untuk itu, hati kita harus dengan rendah hati kembali kepada Allah. Sering kali, doa terancam oleh kekeringan. Siapa yang dapat mengatasi kekeringan, juga dapat setia kepada Allah meski tanpa hiburan yang dirasakan. Kejenuhan adalah satu bentuk kemalasan rohani yang disebabkan oleh berkurangnya kewaspadaan dan kecermatan hati.

2729-2733 ; 2754-2755

 

 

575. Bagaimana kita dapat memperkuat kepercayaan kita sebagai anak?

 

Kepercayaan kita sebagai anak diuji jika kita berpikir bahwa kita tidak didengarkan. Karena itu, perlulah kita bertanya kepada diri kita sendiri, apakah Allah itu betul-betul Bapa yang kehendak-Nya kita cari untuk kita laksanakan, ataukah hanya alat untuk memenuhi keinginan kita. Jika doa kita dipersatukan dengan doa Yesus, kita akan tahu bahwa Dia memberikan kepada kita jauh lebih daripada sekadar anugerah ini atau itu. Kita menerima Roh Kudus yang mengubah hati kita.

2734-2741 ; 2756

 

 

576. Mungkinkah selalu berdoa setiap saat?

 

Doa itu selalu mungkin karena masa seorang Kristen adalah masa Kristus yang bangkit yang ”senantiasa” beserta kita (Mat 28:20). Karena itu, doa dan hidup seorang Kristen tidak terpisahkan.

2742-2745 ; 2757

 

 

”Sangat mungkinlah berdoa bahkan di tengah-tengah pasar

atau sementara berjalan sendirian.

Mungkin pula di tengah-tengah transaksi bisnis,

sementara membeli atau menjual, atau bahkan sewaktu memasak”

(Santo Yohanes Krisostomus)

 

 

577. Apa itu doa Saat Yesus?

 

Doa ini disebut doa Yesus sebagai Imam Agung pada Perjamuan Malam Terakhir. Yesus, Imam Agung Perjanjian Baru, berdoa kepada Bapa-Nya ketika saat kurban-Nya, saat ”kepindahan-Nya” sudah mendekat.

2746-2751; 2604 ; 2758

 

 

Prev   -   Next

 

   

@ Anyo - Katedral Sintang|Indeks|Home